Re: [indoexpat-uk] Petisi Kewarganegaraan Ganda
indah morgan <malangindah03-/[email protected]>
| Newsgroups | gmane.org.region.indoexpat.uk |
|---|---|
| Message-ID | <[email protected]> |
Yang Terhormat bapak Eddy dan teman-teman IndoExpat – UK, Saya menghaturkan banyak terima kasih atas balasan dan kesediaan teman-teman IndoExpat untuk berdiskusi dan bekerja sama menyampaikan aspirasi WNI (minoritas - dibanding dengan populasi yang ada dan pengisi petisi Kewarganegaraan Ganda yang hanya berjumlah 5000 pengisi). Memang saat ini tidak ada sense of urgency dan bukanlah prioritas utama dalam susunan agenda pemerintahan RI untuk memberlakukan KG bagi WNI, akan tetapi kita tetap akan membawa petisi ini ke Mahkamah Institusi (paling tidak kita akan menyampaikannya dengan argumen masing-masing dan keputusan terakhir sepenuhnya tergantung kepada MI). Banyak teman-teman yang hidup di Indonesia, sama sekali tidak tertarik untuk bertanya tentang gerakan PPKG ini. Apa artinya ini bagi kehidupan berbangsa dan bernegara? Saya melihatnya dari rendahnya keterlibatan dan kesadaran politik masyarakat Indonesia dalam segala aspek kehidupan, karena terbiasa di belenggu oleh era Orde Baru (artinya tunggu aja pemerintah lah....) PPKG perlu melibatkan masyarakat luas untuk menjadi katalisator bagi peningkatan keterlibatan dan kesadaran politik mereka dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Di satu pihak, kita ingin 'keperluan' kita yang minoritas di penuhi, di lain pihak, kita, sebagai minoritas juga harus menunjukkan bahwa kita peduli dan paham akan kebutuhan mayoritas. Dalam demokrasi, bukan mayoritas yang harus menang, tapi mayoritas harus melindungi minoritas. Demikian dari saya dan mohon kesediaan dari teman-teman untuk membantu menyebarkan KG ini seluas mungkin. Mungkin kita perlu mengajak teman-teman yang telah menjadi WNA untuk berpartisipasi dalam mengungkapkan argumentasinya kenapa berpindah menjadi WNA? Sekalian membuat pro dan kontra dari KG di lihat dari kedua sisi baik pemerintah RI maupun masyarakatnya. Salam solidaritas, Indah Morgan Chief Coordinator & Secretary of PPKG ________________________________ From: Eddy Manurung <[email protected]> To: Indah Morgan <[email protected]> Sent: Saturday, 28 January 2012 1:25 PM Subject: Re: [indoexpat-uk] Petisi Kewarganegaraan Ganda Mbak Indah, Mungkin nasionalisme yg kumaksud dalam pengertian yg lebih luas... bukan sekedar utk cari nafkah... mungkin itu lebih dekat hubungannya dengan kebutuhan dasar manusia secara individual yg dimiliki setiap orang dan seabiknya fakta itu bukan topik dalam argumentasi utk petisi dan diskusi dual citizenship kita ini. Cerita sedikit, aku pernah ngerjain project di Israel Aircraft Industry - Tel Aviv, seorang manager disana orang tuanya tinggal di London, sejak teenager dia pulang ke Israel meninggalkan orangtuanya di London dan tinggal sama kakek neneknya di Israel Aku tanya kenapa, dia jawab "aku ingin mengabdi pada Israel". Waktu itu tahun 2001 dan dia umurnya kira2 early 40s. Apa yang melandasi dia memutuskan utk kembali ke Israel? Kita mungkin punya pendapat masing2, tapi salah satunya aku yakin adalah karena faktor "nasionalisme" yg aku maksud. Kemudian, kami2 yang expatriat di UK ini juga mendengar suara2 sumbang ttg kami, the worst one, dibilang penghianat tidak punya rasa nasionalisme, punya skill dan kemampuan tapi bukan mengabdi kpd tanah air. Sayangnya gak ke mukaku dibilang, mungkin kalau itu langsung dibilang ke aku, aku ludahin muka yang bilang itu. Gak seorangpun harus dilayakan menjadi seorang dimana kepadanya kita harus menjelaskan nasionalisme kita. Itu tanggung jawab moral masing2 utk dilakukan bukan dikatakan. Tapi aku percaya setiap kita yg hidup di UK ini yg lahir dan sempat besar di Indonesia, lambat laun akan bisa menjadi kuat dan kental rasa kecintaannya terhadap Indonesia. Dan juga aku berpendapat tidak harus pulang ke Indonesia utk bisa menunjukkan rasa nasionalisme kita, tapi banyak masing2 kita sudah kontribusi (kecil atau besar) utk Indonesia. Nah, aku mengutarakan itu semua utk bisa mendukung saranku berikut, bahwa pada saatnya petisi telah disampaikan ke pemerintah lokal dan diskusi dilakukan dgn mereka, sebaiknya kita sudah punya argumentasi2 yg lebih dalam dari hanya mencoba mengutarakan argumentasi yg bernuansa mencari kesalahan pemerintah tapi bersama bisa membantu menyelesaikan masalah mereka, atau bukan argumentasi yg mungkin cukup dibahas internally di Indonesia karena mereka yg hidup di Indonesia lebih tahu dan lebih merasakan apa yang terjadi, dgn harapan utk bisa membuat pemerintah lebih mendengar kita .... dan mungkin tokoh masyarakat yg ada di Indonesia bisa mendukung kita. ITu pendapatku, silahkan di argumen kalau memang perlu. Aku akan teruskan himbauan Mbak Indah ke organisasi Bonapasogit UK...kalau Wadah, silahkan teman yg lain atau mbak Indah sendiri yang approach, aku gak aktif disitu. Utk PERKI UK, karena itu organisasi keagamaan, aku akan bicara dulu sama ketuanya. Tetap semangat. Salam, EMan 2012/1/28 indah morgan <[email protected]> > Bang Eddy dan teman IndoExpat-UK, > > Berbicara soal nasionalisme, didalam UUD 1945 pasal 33 tentang > kesejahteraan rakyat di jamin oleh negara RI lalu kenapa masih banyak para > ibu-ibu yang rela meninggalkan suami, anak dan keluarganya pergi merantau > untuk menjadi buruh migrant? jembatan ala Indiana Jones yang hanya berjarak > 77 km dari kantor pusat pemerintahan RI tergantung-gantung rusah dan > kerusakan tersebut tidak mengetuk hati para anggota DPR yang hanya > mengutamakan tolietnya di banding perduli dengan kesejahteraan rakyat kita? > jembatan tersebut adalah alat bagi generasi penerus bangsa menimba ilmu, > mungkin salah satu dari anak pengguna jembatan tersebut merupakan calon > pemimpin negara yang lebih peduli dengan kesejahteraan. Sungguh ironis > sekali. > > Organisasi yang telah saya approach hanya komunitas Islam Indonesia di > British Raya (KIBAR), pelaku kawin campur Melati UK (KOMET UK) dan Indo > Expat. > > Bila bang Eddy bersedia menjadi penghubung terhadap organisasi yang anda > kenal (perkumpulan PERKI-UK, Wadah, dan Bonapasogit), akan lebih baik untuk > menunjukkan solidaritas kita bersama. > > Hal yang bisa kita lakukan adalah menyebarkan e brochure sebagai salah > satu proses > pendewasaan, pembelajaran dan pengenalan KG terhadap masyarakat Indonesia > sehingga masyarakat Indonesia lebih terbuka > wawasannya dan menerima kosep KG. Dengan demikian KG adalah atas > kesadaran dan kehendak masyarakat untuk di sampaikan ke pemerintah RI > agar Indonesia kita menjadi lebih terbuka. (Bottom to top strategy - dari > rakyat ke pemerintah). > > > Salam dari Nottingham dan terima kasih atas kerja samanya, > Indah Morgan, > 07853392751. > > > > ________________________________ > From: Eddy Manurung <[email protected]> > To: Indah Morgan <[email protected]> > Sent: Saturday, 28 January 2012 1:06 AM > Subject: Re: [indoexpat-uk] Petisi Kewarganegaraan Ganda > > Mbak Indah, > Terima kasih atas informasi nya dan terima kasih udh memulai atau > melanjutkan langkah utk mencoba mendiskusikan secara terbuka dgn pihak > pemerintah RI akan ide warganegara gand utk WNI. > Aku setuju dan mendukung. > Aku pribadi belum bisa punya komentar mengenai rasa takut mengakui, > berkhianat, dsbnya setelah mempunyai passport selain passport ijo, namun > kalaupun itu benar aku bisa memakluminya karena aku dengan hanya memikirkan > dan merencanakan utk apply for passport burgundy, pikiran dan perasaan > seperti juga ada... > TErlepas dari perasaan dan pemikiran yang hanya bersifat emosional dan > nasionalisme tadi, aku setuju dgn rencana berembug, mengumpulkan suara, > pendapat dan argumentasi dan dapat diwujudkan dalam dokumen dan selanjutnya > diserahkan ke perwakilan pemerintah RI. > Pertanyaan aku, sejauh ini siapa dan kelompok/organisasi Indonesia di UK > apa saja yg telah Mbak approach? > Mungkin aku infokan bahwa di UK ada kumpulan PERKI-UK, Wadah, Bonapasogit > UK ... itu yang jelas aku tahu keberadaan dan aktivitas mereka... namun aku > yakin banyak lagi. > Menurut hematku ada baiknya kelompok2 tersebut di approach juga. Biasanya, > makin banyak suara, makin berani bersuara yang sudah duluan bicara... > > OK mbak, itu dulu dari aku.... > > Salam, > Eddy Manurung > > 2012/1/26 indah morgan <[email protected]> > > > Terima kasih atas kesempatan yang di berikan kepada saya untuk dipercaya > > bergbung di milis FKEI - UK, saya berencana membuat diskusi terbuka untuk > > menciptakan awareness tentang Kewarganegaraan Ganda bagi WNI di UK. > Diskusi > > ini akan serentak di laksanakan di seluruh dunia dengan melibatkan para > > ilmuwan, cendikiawan, migran Indonesia, pembisnis, pelaku kawin campur, > > student maupun media dengan harapan hasil dari siskusi terbuka tersebut > > bisa di serahkan ke kantor perwakilan RI setempat. > > > > Melihat situasi di UK, kebanyakan WNI masih tetap mempertahankan paspor > > WNI-nya meskipun secara diam-diam mereka memiliki paspor warna burgundy. > > Dan saya yakin pihak perwakilan pemerintah RI telah menerima surat dari > > pemerintah Inggris bahwa yang bersangkutan telah menjadi WN British. > Dengan > > demikian, kantor perwakilan RI di UK memiliki daftar siapa saja yang > telah > > memiliki paspor warna burgundy tersebut, sementara WNI akan merasa > > berkhianat terhadap suara hatinya bila setiap perpanjangan paspor harus > > menandatangani pernyataan bahwa tidak memiliki paspor asing. Inilah salah > > satu alasan saya, kenapa sih kok tidak diakui saja? jadi tidak ada yang > > menyimpan sesuatu? perwakilan RI menutup mata dengan keadaan tersebut > > sementara WNI merasa ketakutan dan tidak jujur dengan apa yang telah di > > sepakai di dalam formulir perpanjangan paspor yang telah di tanda > > tanganinya. > > > > Saya sangat terbuka dengan segala feedback akan pro dan kontra dari issue > > KG ini demi membangun RI menuju lebih terbuka. > > > > Salam dari Nottingham, > > Indah Morgan. > > > > > > > > > > > > ________________________________ > > From: Perry Ismangil <[email protected]> > > To: Indah Morgan <[email protected]> > > Sent: Thursday, 26 January 2012 2:16 PM > > Subject: Re: [indoexpat-uk] Petisi Kewarganegaraan Ganda > > > > Melanjutkan soal KG, saat ini Mbak Indah Morgan sudah join juga milis > ini, > > jadi jika ada yang mau mendiskusikan lebih lanjut bisa juga langsung ke > > forum ini saja. > > > > > > > > 2012/1/26 Perry Ismangil <[email protected]> > > > > > Rekan-rekan IndoExpat, > > > > > > Bagi yang sudah mukim (alias PR), tentu kadang-kadang berandai-andai, > > > bagaimana kalau bisa lebih permanen lagi menjadi warga negara UK. > > Sehingga > > > tidak perlu takut kehilangan PR kalau tinggal di luar UK lebih dari 2 > > tahun. > > > > > > Nah, ini ada usaha dari diaspora Indonesia di seluruh dunia untuk > > > mengangkat isu ini menuju amendemen UU Kewarganegaraan thn 2006: > > > > > > - Silahkan baca brosur latar belakang > > > > > > http://bit.ly/BrosurKG > > > > > > - Kalau setuju, silahkan isi petisi: > > > > > > http://bit.ly/PetisiKG > > > > > > - Kalau ada pertanyaan lebih lanjut, koordinator di UK adalah: > > > > > > Indah Morgan [email protected] > > > > > > Salam, > > > > > > -- > > > Perry Ismangil > > > http://me.ismangil.com > > > [email protected] > > > > > > > > > > > -- > > Perry Ismangil > > http://me.ismangil.com > > [email protected] > > _________________________________________________________________ > > To unsubscribe or modify your subscription options, please visit: > > http://lists.indoexpat.org/mailman/options/uk/malangindah03%40yahoo.com > > _________________________________________________________________ > > To unsubscribe or modify your subscription options, please visit: > > http://lists.indoexpat.org/mailman/options/uk/eddy.manurung%40gmail.com > > > > > > -- > > Regards, > Eddy Manurung > _________________________________________________________________ > To unsubscribe or modify your subscription options, please visit: > http://lists.indoexpat.org/mailman/options/uk/malangindah03%40yahoo.com > _________________________________________________________________ > To unsubscribe or modify your subscription options, please visit: > http://lists.indoexpat.org/mailman/options/uk/eddy.manurung%40gmail.com > -- Regards, Eddy Manurung _________________________________________________________________ To unsubscribe or modify your subscription options, please visit: http://lists.indoexpat.org/mailman/options/uk/malangindah03%40yahoo.com _________________________________________________________________ To unsubscribe or modify your subscription options, please visit: http://lists.indoexpat.org/mailman/options/uk/goriu-uk%40m.gmane.org